Rabu, 27 November 2013

Tumis Bunga Pepaya



Pernah gak suatu hari kita bingung mau masak apa untuk keluarga kita?mungkin ada yang bingung karna gak ada apa apa yang mau dimasak, atau yang kedua bingung bahan yang ada mau dimasak apa. Nah saat ini saya bingung nya di urutan pertama, yaitu saya gak punya stok sayuran dirumah.  Nunggu tukang sayur gak lewat, mau kewarung jauh kalo harus jalan kaki, kalo mau naik motor ya harus nunggu suami pulang.
Akhir nya saya inget tawaran tetangga belakang rumah, yang nawarin bunga pepaya beberapa hari yang lalu.dan tanpa babibu langsung ambil baskom dan cus kerumah tetangga  untuk minta bunga pepaya. Dan kebetulan juga dirumah masih ada sisa teri medan hasil pemberian juga, hehehe.  Setelah dapat banyak, pulang dengan hasil bunga pepaya yang cukup banyak untuk dimasak hari itu juga.
Tapi sebelum mulai masak, saya jalan2 dulu ke opera untuk cari info cara masak bunga pepaya agar gak pahit. Dannnnnnnnnnnnnnn, saya dapat juga tips nya, yaitu waktu merebus bunga pepaya air rebusan nya dikasih air asam jawa. Dan blas pahit pahitnya hilang semua, yang ada tinggal enaknya aja..:)

Dan ini lah hasil masakan saya tumis bunga pepaya ala kadarnya dan asal masuk bumbu yang ada dirumah.




Bahan:
  1. Bunga pepaya , rebus dengan air asam jawa hingga matang lalu tiriskan.
  2. Teri medan goreng
  3. Minyak goreng untuk menumis
  4. Gula dan garam secukupnya

Bumbu (semuanya diiris):
  • Bawang merah dan putih secukupnya
  • Cabe hijau secukupnya
  • Jahe dan laos sedikit

Cara memasak :
  • Panaskan minyak, tumis semua bumbu yang telah diiris hingga harum.
  • Masukka teri dan bunga pepaya, tambahkan gula, garam dan sedikit air aduk aduk dan tutup sebentar agar bumbu meresap.
  • Kalo dirasa sudah meresap bumbunya, angkat tutup nya. Dan aduk aduk lagi sambil di icip rasanya. Bila suka penyedap boleh ditambah penyedap.
  • Angkat dan sajikan 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar